Iklan Pay Per Click (Ppc)

1. Konsep Pay per Click Pay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet, dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web. Cara beriklan biaya per klik, paling sering digunakan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN bahkan pada web media sosial seperti facebook. Selain itu sistem biaya per klik digunakan juga pada iklan banner, direktori belanja seperti Nextag dan Shopping.com. Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu: a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan. b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan. c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web. d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan. e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik. Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik(platform PPC) yaitu: a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial). b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau kriteria yang lain. c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per tayang(click-through rate [CTR]), salinan iklan, kata kunci dan halaman arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian. Iklan Text PPC mengikuti struktur dasar yang sama yaitu: a. Kepala(header) b. Dua baris salinan iklan, yang dapat ditampilkan pada satu baris c. www.DisplayURL.com d.(tujuan URL) URL(Uniform Resource Locator) yang ditampilkan (URL display) belum tentu URL yang pengguna akan klik dan menuju ke suatu halaman web (URL tujuan). URL display kadang-kadang juga disebut vanity URL. URL display harus domain yang sama dengan URL tujuan. Google akan hanya menampilkan satu iklan per URL tampilan. Contoh: Roti unyil Roti kecil, lezat, dan beragam rasa Bebas biaya antar untuk pembelian diatas Rp. 500.000,- Daerah Bogor http://www.rotiunyilvenus.com/ Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords. a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter. b. Line 1: maksimum 35 karakter. c. Baris 2: maksimum 35 karakter. d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter. e. Tidak ada tanda seru berulang. f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan. h. Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif dapat digunakan kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga. i. Nomor produk dapat digunakan. Kebanyakan iklan PPC, biasanya tidak terdapat gambar untuk melengkapi teks. Berbeda dengan iklan PPC di Facebook, Anda dapat memanfaatkan teks dan gambar. Iklan PPC Facebook dapat digunakan untuk mengarahkan traffic ke aset di Facebook (sebuah halaman, event, aplikasi atau kelompok), atau dapat digunakan untuk mengarahkan traffic ke eksternal website. Sebuah iklan Facebook terdiri dari. a. Judul (25 karakter maksimum), yang terkait dengan URL tujuan (atau Facebook destination). b. Gambar (110 x 80 piksel). c. Badan teks (135 karakter maksimum). d. konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan yang ditampilkan oleh teman kita. 2. Optimasi PPC Beberapa faktor yang perlu kalian perhatikan untuk mengetahui apakah iklan Anda bekerja sudah berjalan dengan baik dan optimal, yaitu: a. Memilih kata kunci yang tepat Ketika kalian akan beriklan menggunakan PPC maka mesin pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan. Kalian harus dapat membuat daftar kata kunci yang tepat. Sebagai gambaran pada Google AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut. 1) Luas (Broad) Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa pun, serta beberapa variasi kata kunci (salah eja dan sinonim). Katakanlah Anda telah memilih kata kunci berikut. Kata Kunci: Mobil Cepat Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut: Mobil Cepat Mobil Sport Cepat Internet Cepat Motor cepat Masakan cepat saji Mobil 1500 CC Adu cepat 2) Frasa(Phrase) Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frasa match") berarti iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian. Contoh: Kata Kunci: “Mobil Cepat“ Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut: Mobil Cepat Mobil Cepat Sport Mobil Cepat Merah Balap mobil cepat Tetapi tidak untuk : Mobil sport cepat Sport Mobil 3) Sama persis(Exact) Sama persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis]), berarti iklan tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata kunci yang dipilih. Contoh: Kata Kunci: [Mobil Cepat] Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut : Mobil Cepat Tetapi tidak untuk : Mobil sport cepat Sport Mobil mobil Cepat Sport Mobil Cepat Merah 4) Negatif(Negative) Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata kunci(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan. Contoh: Kata Kunci : Mobil Cepat -Sport Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut : Mobil Cepat Tetapi tidak untuk : Mobil sport cepat Sport Mobil Mobil Cepat Sport b. Bahasa dan lokasi iklan Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan. Misalnya, Kalian hanya ingin iklan untuk pencarian bahasa Inggris di Asia, atau bahasa Inggris pencarian di Indonesia. Maka kalian tidak perlu membayar atas akses yang tidak diinginkan atau diluar area penargetan iklan. c. Perilaku dan demografi Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan Facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang(demografi), pengaturan dan perilaku yang dilakukan di Facebook. Kalian dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut. 1) Jenis Kelamin 2) Lokasi 3) Status hubungan 4) Kelompok Umur Anda juga dapat menargetkan berdasarkan. 1) Suka dan kepentingan 2) Interaksi dengan merek/produk d. Menambah ekstensi advert Google khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan PPC, Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks yaituL: 1) Perluasan Lokasi Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun AdWords dan Bisnis Lokal( www.google.com/local ) perlu dihubungkan. 2) Sitelinks Iklan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masing-masing link dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk Link teks standar dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan. 3) Ekstensi Telepon Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon lokal di garis bawah iklan yang teks standar. 4) Ekstensi produk Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce. 5) Penjual ratings ekstensi Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik. e. Penawaran dan peringkat Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per Click) maksimum, atau CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang ini dikenal sebagai Generalised Second Price (GSP), yang merupakan variasi pada lelang Vickrey. Dalam lelang GSP, setiap pengiklan akan membayar tawaran dari pengiklan di bawahnya, ditambah kenaikan standar (biasanya $ 0,01, jika kurs Rupiah terhadap dolar adalah Rp.10.000, maka kurang lebih Rp.100 ), untuk setiap klik pada iklan. Katakanlah terdapat tiga pengiklan Anton, Budi dan Siska, mereka bertiga melakukan penawaran yaitu Rp.25.000,-, Rp.30.000 dan Rp.23.500 pada kata kunci yang sama. Mesin pencari telah menetapkan harga minimum Rp. 20.500,- pada kata kunci yang sama. Berikut adalah bagaimana iklan akan diposisikan, dan berapa banyak para pengiklan akan membayar untuk tiap klik. Pengiklan Penawaran CPC Budi Rp.30.000,- Rp. 25.100,- Anton Rp.25.000,- Rp. 23.600,- Siska Rp.23.500,- Rp. 20.600,- Gambar 6.7 Peringkat dan biaya tiap klik. Hal ini akan berbeda ketika iklan tampil berdasarkan faktor peringkat, Dalam Google AdWords, ini dikenal sebagai Angka Mutu (Quality Score(QS)). Angka Mutu diterapkan pada kata kunci, grup iklan dan tingkat akun. Penting bagi kalian untuk menjaga Skor seluruh akun yang dimiliki berkualitas baik karena mempengaruhi peringkat dan biaya per klik. Angka mutu ditentukan oleh faktor-faktor antara lain: 1) Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian. 2) Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian. 3) Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian. 4) Track Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut. Nilai Skor kualitas dapat di peringkat sebagai berikut. 1) Bagus(8, 9, 10): Kata kunci sangat relevan dan QS tidak perlu perbaikan. 2) OK (5, 6, 7): Kata kunci relevan, tetapi masih bisa mendapatkan keuntungan dari QS tinggi. 3) Buruk (1, 2, 3, 4): Kata kunci ini tidak relevan dan QS perlu perbaikan. f. Konversi dan harga klik-tayang Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan, jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak sama sekali mengklik iklan yang ditawarkan. Jika tidak ada iklan yang diklik berarti tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki rasio klik per tayang tertinggi (RKT) dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal. CTR sebuah iklan adalah clicks/impression . Tingkat konversi dari sebuah iklan adalah konversi/klik. Biaya per tindakan (atau biaya per setiap konversi) adalah total biaya kampanye/ jumlah konversi. Biaya rata-rata per klik adalah total biaya kampanye/jumlah klik. Sebagai pemasang iklan, Anda perlu mengetahui nilai setiap konversi sehingga Anda tidak membayar terlalu banyak untuk iklan yang diklik. g. Website tujuan Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang penggun internet mengklik iklan. Halaman yang pengakes iklan tuju, dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Penyebabnya buruk dalam tampilan dan target yang tidak jelas. Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di halaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan. Mengirimkan pengguna ke halaman rumah memberikan mereka banyak pilihan lain untuk memilih. Sebagai contoh, jika seseorang mencari " Canon EOS 450D ", Pengiklan yang kurang baik akan mengirimkan konsumen ke www.canon.co.uk. Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarakan pengguna ke halaman yang dituju dengan URL: www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450D/index.asp. Halaman arahan juga menunjukkan relevansi dengan mesin pencari, yang dapat meningkatkan angka mutu dari iklan tersebut, dan pada gilirannya menurunkan BPK kata kunci. Menambahkan halaman ke website yang kaya kata kunci juga dapat membawa manfaat SEO(Search Engine Optimising). Kampanye PPC sering memiliki ribuan kata kunci, yang berarti bahwa ada akan banyak halaman arahan yang akan dibangun! Atau membuat halaman arahan yang dinamis. Cobalah selalu berpikir layaknya konsumen, kira-kira apa yang mereka harapkan ketika mengklik iklan?. Ketika kalian menjual produk maka halaman arahannya harus ke detail produk yang didalamnya terdapat langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh konsumen seperti tambahkan kedalam keranjang belanja, mendaftar newsletter. h. Pelacakan Bagaimana Anda mengetahui konsumen mengakses/mengklik iklan yang ditayangkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda perlu menggunakan pelacakan konversi yang tepat. Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang kemungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com. Jika Anda mengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website. 3. Menyiapkan Kampanye PPC a) Perencanaan Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how) misalkan. 1) Apa yang akan Anda jual. 2) Merek apa yang harus Anda gunakan. 3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka beriklan. 4) Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang kita tawarkan 5) Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebihbanyak? Mendidik konsumen akan produk? meningkatkan kesadaran akan merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter? b) Anggaran Tentukan seberapa banyak Anda bersedia menghabiskan anggaran untuk mencapai tujuan Anda(biaya per action). Putuskan berapa banyak anggaran Anda untuk kampanye PPC atau beriklan/berpromosi. Anda juga dapat memanfaatkan sebuah tool untuk menghitung anggaran dalam melakukan kampanye PPC misalnya pada alamat http://www.ppcbudget.com/ppc-roi-calculator/ Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu: a) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas, selama posisi iklan Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan tetap ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. b) Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu yang tepat dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang. c) Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah bandung sebagai batasannya. d) Kata Kunci Anda perlu menentukan kata kunci apa yang konsumen cenderung gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu, Anda perlu tahu. (1) Kesalahan ejaan yang umum dan biasa terjadi saat pelanggan memasukan kata kunci. (2) Kata-kata apa yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkinm untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis). (3).Maanfaatkan tool untuk analisis kata kunci. Ada sejumlah alat yang akan membantu Anda dalam mengembangkan daftar kata kunci, dan menentukan volume kata kunci. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai pedoman saja misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/. c) Memilih platform PPC Ada beberapa teori bahwa platform PPC yang berbeda lebih baik untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun, hal ini adalah subyektif, Sebagian besar pengiklan besar biasanya akan menjalankan kampanye PPC pada sejumlah platform. Ada beberapa perbedaan kecil setiap platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Google AdWords mungkin yang paling terkenal, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam mata uang pilihan mereka, serta menawarkan program pelatihan dan sertifikasi. Google AdWords juga sebagai penargetan geografis terbaik di seluruh dunia, meskipun penargetan geografis adalah yang ditawarkan oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda tentukan platform selanjutnya membuat akun dan iklan yang ingin ditawarkan ke konsumen. d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang, Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat eberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual. 4. Konsep Adwords Salah satu mesin pencari terbaik saat ini adalah Google, Dengan mesin pencari Google, Anda dapat mencari informasi apa saja yang kalian butuhkan dan menampilkan daftar hasil pencarian disertai dengan iklan yang ditawarkan sesuai dengan kata kunci. Salah satu media periklanan yang disediakan oleh Google adalah Adwords. Dengan Adwords, iklan dapat tampil pada area yang telah ditentukan, anggaran dapat disesuaikan (tanpa ada kesepakatan pembelanjaan minimum), iklan dapat diukur dengan mudah dan menjangkau orang-orang dengan tepat, saat mereka menelusuri apa yang ditawarkan di Internet. Dengan penawaran biaya per klik, biaya yang dikenakan hanya saat seseorang mengklik iklan yang ditawarkan. Misalnya, Anda menjalankan toko roti di Bandung. Tetapkan iklan Anda untuk tampil kepada pelanggan hanya di lokasi tersebut, dan saat seseorang yang tinggal atau berlibur ke sana menelusuri Google untuk mencari "roti khas bandung", maka iklan akan ditampilkan dan diklik untuk terhubung dengan bisnis Anda. a. Keuntungan beriklan dengan Google AdWords Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan lainnya yaitu: 1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusuri apa yang Anda tawarkan a) Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan. b) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website dan pada area geografis tertentu(negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW). c) AdWords menjangkau 80% pengguna Internet di Amerika. Itu merupakan pangsa pasar yang besar serta mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penffuna internet. 2) Kontrol anggaran a) Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan, bukan saat iklan ditampilkan dengan menggunakan penawaran biaya per klik, b) Anda memutuskan jumlah (banyak atau sedikit) yang ingin dibelanjakan setiap bulannya dan Anda tidak akan ditagih melebihi jumlah itu. c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum. 3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan a) Lihat laporan mengenai kinerja iklan Anda, lihat berapa banyak pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya. b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda. c) Mudah untuk memulai, menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan. b. Cara kerja AdWords Untuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang harus Anda pahami yaitu. 1) Kata Kunci Kata kunci adalah kata atau frasa yang Anda pilih untuk dapat memicu iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website jaringan Google lainnya. Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk kampanye PPC. a) Buat grup iklan Sebelum Anda mulai memilih kata kunci untuk kampanye PPC, pastikan bahwa grup iklan untuk setiap kampanye diatur menurut produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sangat baik untuk memulai dengan kata kunci yang menggambarkan produk atau layanan yang Anda iklankan. Lalu, Anda dapat membuat iklan yang berkaitan dengan kata kunci tersebut yang dapat Google tampilkan kepada pelanggan saat mereka berada di website yang terkait dengan produk ataulayanan Anda. Anda dapat membuat akun Anda tertata dengan lebih baik dengan mengelompokkan kata kunci menurut produk atau layanan Anda. b) Pilih kata kunci yang akan digunakan pelanggan untuk mendeskripsikan produk atau layanan dan kata kunci yang berkaitan satu sama lain. Pedoman membuat daftar kata kunci berkualitas tinggi yaitu: (1) Pilih kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda. (2) Buat kelompok yang terdiri atas lima sampai 20 kata kunci yang terkait erat satu sama lain dan dengan iklan dalam grup iklan tersebut. Kata kunci dengan dua atau tiga kata (frasa) cenderung berfungsi paling efektif. (3) Pilih kata kunci yang terkait satu sama lain. (4) Pilih kata kunci yang terkait dengan website yang dilihat pelanggan (5) Jika Anda memiliki brand yang kuat dan dikenal dengan baik, sertakan kata kunci brand Anda. 2) Tempat iklan dapat tampil Saat Anda beriklan dengan AdWords, iklan dapat tampil diberbagai tempat di seluruh web, bergantung pada cara Anda menargetkan iklan, kepada siapa saja akan ditayangkan, dan jenis iklan yang dibuat. Sebelum Anda memilih tempat menampilkan iklan, cobalah untuk berpikir seperti pelanggan. Apa yang mereka sukai? Apa kebiasaan mereka? Di mana lokasi mereka? Apa yang harus Anda ketahui tentang mereka? sehingga Anda mampu menjangkau pelanggan dengan iklan Anda secara optimal. Beberapa tempat iklan dapat tampil yaitu. a) Website non penelusuran Jaringan Display merupakan kumpulan website mitra dan website Google tertentu, termasuk Gmail, Blogger, NYTimes.com, Families.com. dan YouTube yang menampilkan iklan AdWords. Jaringan ini juga meliputi website dan aplikasi seluler yang menampilkan iklan (mitra tampilan seluler). b) Google Penelusuran dan website penelusuran lainnya (1) Website penelusuran Google. Iklan Anda dapat muncul di Google penelusuran, Google belanja, Google maps, Google gambar, dan Google grup saat seseorang menelusuri kata kunci Anda. (2) Website penelusuran lain yang merupakan bagian dari jaringan penelusuran. Apabila seseorang menelusur di website penelusuran yang bermitra dengan Google untuk menampilkan iklan AdWords, seperti AOL, iklan Anda mungkin muncul di samping atau di atas hasil penelusuran atau di halaman penelusuran yang relevan lainnya. (3) Penelusuran seluler. Iklan Anda dapat tampil di http://m.google.com, versi seluler Google Penelusuran. 3) Peringkat Iklan Peringkat Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul dalam posisi seperti apa, Jika beberapa pengiklan menggunakan kata kunci yang sama untuk memicu iklan mereka atau ingin iklan mereka tampil pada website yang sama. Bagaimana Google menentukan? iklan mana yang akan muncul dan dalam urutan seperti apa? Ini dilakukan secara otomatis, berdasarkan Peringkat Iklan. Adapun penempatan iklan a) Penempatan "teratas" (bagian atas). Semua iklan berperingkat tinggi berhak tampil di posisi teratas, asalkan iklan melampaui ambang tawaran biaya per klik (BPK) dan Angka Mutu. Maksimal tiga iklan dapat tampil di posisi teratas setiap halaman. b) Penempatan "Lain" (bagian samping atau bawah). Bagian samping atau bawah halaman hasil penelusuran dicatat sebagai "Lainnya" di statistik AdWords, dan dapat ditempati hingga delapan iklan. Iklan yang sebelumnya tidak pernah munculpada penempatan samping atau bawah biasanya layak muncul di bagian samping atau bawah. 4) Penawaran dan Angka Mutu Tawaran dan Angka Mutu dapat bekerja berbeda di berbagai jenis kampanye. Dengan iklan bertarget kata kunci di Google dan mitra penelusurannya, tawaran Anda akan menjadi tawaran biaya per klik maksimum Anda, jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar untuk setiap klik di iklan Anda. Angka Mutu Anda didasarkan pada relevansi kata kunci, kualitas halaman yang dituju, rasio klik-tayang (RKT) iklan, yang disesuaikan untuk posisinya di halaman tersebut dan beberapa faktor lainnya. Dengan meningkatkan faktor-faktor berikut, Anda dapat membantu meningkatkan Angka Mutu dengan cara. a) Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci Anda. RKT yang diharapkan didasarkan sebagian pada RKT sebelumnya dari kata kunci tersebut, atau seberapa sering kata kunci tersebut menghasilkan klik pada iklan Anda. b) RKT URL tayangan Anda sebelumnya. Seberapa sering Anda menerima klik dengan URL tayangan. c) Riwayat akun Anda: RKT keseluruhan dari semua iklan dan kata kunci di akun Anda. d) Mutu halaman website Anda. Seberapa halaman Anda relevan, transparan, dan mudah untuk dijelajahi. e) Kata kunci/relevansi iklan Anda. Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda. f) Kata kunci/relevansi penelusuran. Seberapa relevan kata kunci dengan apa yang ditelusuri pelanggan. g) Kinerja geografis. Seberapa berhasil akun Anda di wilayah yang Anda targetkan. h) Kinerja iklan Anda di suatu website. Seberapa baik kinerja iklan Anda di website ini dan website serupa (jika Anda menargetkan Display Networ). i) Perangkat yang ditargetkan. Seberapa baik kinerja iklan Anda pada berbagai jenis perangkat, seperti desktop/laptop, perangkat seluler, dan tablet. Angka Mutu digunakan dalam beberapa cara dan dapat mempengaruhi hal-hal berikut di akun Anda. a) Kelayakan lelang iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi membuat lebih mudah dan murah bagi kata kunci untuk memasuki lelang iklan. b) Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan BPK yang lebih rendah. Hal itu berarti Anda membayar lebih sedikit untuk setiap klik bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi. c) Taksiran tawaran halaman pertama kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran halaman pertama yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil di halaman pertama hasil penelusuran bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi. d) Taksiran tawaran halaman bagian atas kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran halaman bagian atas yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil pada bagian atas halaman bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi. e) Posisi iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan posisi iklan yang lebih tinggi. Itu artinya iklan Anda dapat tampil lebih tinggi di alaman bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi. f) Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya. Beberapa format iklan membutuhkan Angka Mutu minimum untuk tampil. Selain itu, Peringkat Iklan menentukan layak tidaknya iklan Anda ditampilkan bersama ekstensi iklan dan format iklan lainnya, seperti tautan website. Karena Peringkat Iklan adalah fungsi dari Angka Mutu Anda, Angka Mutu yang lebih tinggi dapat meningkatkan kemungkinan iklan Anda ditampilkan dengan ekstensi dan format lainnya. c. Cara pembayaran AdWords Cara pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya. 1) Pembayaran otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan Bila lampu di rumah Anda pernah mati karena lupa membayar tagihan listrik, setelan ini cocok untuk Anda. Cara kerjanya Anda hanya ditagih setelah Anda dikenai biaya iklan. Dan Anda akan ditagih dalam satu dari dua skenario: 30 hari setelah pembayaran terakhir Anda, atau setiap kali biaya Anda mencapai ambang penagihan (jumlah yang ditetapkan yang memicu tagihan). 2) Pembayaran manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan Bila Anda ingin membayar iklan sebelum iklan berjalan dan memiliki anggaran biaya yang tidak pasti, setelan ini mungkin cocok untuk Anda. Cara kerjanya, Anda melakukan pembayaran ke akun AdWords sebelum iklan berjalan. Lalu saat iklan berjalan, biaya iklan dipotong dari pembayaran yang Anda lakukan. Google dapat memberi tahuAnda melalui surat elektronik (jika Anda memintanya) bila saldo akun mulai menipis, Anda dapat melakukan pembayaran berikutnya kapan pun Anda mau. 3) Faktur bulanan Faktur bulanan merupakan setelan pembayaran yang digunakan Google untuk menambah batas kredit untuk Anda atas biaya iklan dan Anda menerima faktur setiap bulan yang Anda bayar dengan cek atau transfer. Anda melakukan pembayaran sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang Anda setujui saat mendaftar ke faktur bulanan. d. Cara biaya dihitung di AdWords AdWords memberi Anda kontrol terhadap biaya iklan. Tidak ada jumlah minimum yang harus Anda belanjakan. Anda menetapkan anggaran harian rata-rata dan memilih bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda. Setiap kali seseorang menelusuri Google,menentukan iklan yang tampil di halaman hasil penelusuran, serta peringkatnya di halaman. Untuk menempatkan iklan dalam lelang ini, Anda harus terlebih dulu memutuskan untuk jenis tindakan pelanggan apa Anda akan membayar. e. Alat pembayaran Anda dapat membayar dengan kartu kredit, debit, rekening bank, atau transfer uang ke Google. Masing-masing negara menawarkan bentuk pembayaran yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa bentuk pembayaran yang tersedia di lokasi Anda. f. Penagihan Pada pembayaran otomatis, Google menagih biaya iklan Anda setelah 30 hari penagihan otomatis terakhir atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang telah ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan. g. Iklan dan persetujuan Semua iklan Google AdWords melewati proses persetujuan untuk memastikan iklan tersebut aman dan sesuai bagi pengguna. Google meninjau setiap iklan untuk melihat apakah iklan mematuhi kebijakan periklanan Google. Berikut adalah beberapa contoh kebijakan website Google. 1) Kurangnya konten unik pada website Anda a) website yang didesain dengan tujuan utamanya semata-mata untuk menampilkan iklan(Arbitrase). b) website yang menyalin konten dari website lain(duplikasi). c) website yang tidak memberikan konten unik dan berharga bagi pengguna. 2) Masalah teknis pada website Anda a) Perangkat lunak perusak (website yang terinfeksi perangkat lunak perusak atau yang menjual perangkat lunak berbahaya). b) Informasi pribadi (website yang mengumpulkan informasi pribadi yang sensitif dan tidak dihosting di server "https" yang aman). 3) Pengalaman pengguna yang menyesatkan a) Halaman jembatan (halaman web yang menyertakan halaman "pintu" yang tujuan utamanya mengarahkan pengunjung ke website yang berbeda). b) Keamanan pengguna (website dan bisnis yang tampak menipu atau menyesatkan, dan/atau melanggar persyaratan dan ketentuan Google). c) Penjualan item yang digratiskan (website yang menjual item atau layanan yang biasanya diberikan secara gratis). d) Afiliasi tersirat (website yang menyiratkan afiliasi, kemitraan, atau hubungan khusus dengan Google atau pihak ketiga yang tidak terkait tanpa otorisasi yang jelas). e) Penagihan tidak jelas (website dengan proses checkout yang tidak memberikan model penagihan atau penetapan harga yang transparan). f) Barang palsu (website yang mempromosikan produk tidak asli dalam upaya untuk menawarkan produknya sebagai produk asli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar