Pemasaran Online Menggunakan Media Sosial



1.Pengertian Media Sosial


  • Media sosial adalah media yang memudahkan mengakses informasi, berkomunikasi dengan orang-orang diseluruh dunia, membagi artikel, video, foto, dan media-media lain yang mendukung dalam menampilkan informasi maupun produk. Contoh media social antara lain facebook, twitter, line, kakaotalk ,BBM, Youtube, dan lain sebagainya.
  • Sosial Media adalah sebuah media online, dimana para pengunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
  • Kesimpulan: Media sosial adalah Media atau alat yang memudahkan para pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain menggunakan internet, seperti facebook, twiter, youtube, dsb.
2.Pemanfaatan Viral Marketing
Viral marketing (Pemasaran Viral), biasa diangap sebagai iklan virus, atau pemberitahuan spontan (buz) tentang pemasaran dan merupakan istilah-istilah yang mengacu pada teknik pemasaran yang mengunakan layanan jejaring sosial yang sudah ada dan teknologi lainya untuk menghasilkan peningkatan kesadaran merek atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainya (seperti penjualan produk) melalui proses virus mereplikasi diri, pemasaran viral ini sering dianalogikan dengan penyebaran virus atau virus computer (melalui internet dan jaringan lokal) yang terutama dikenali oleh sebagian besar antivirus yang dikenal juga sebagai pendeteksi akses halaman web (web phising). Hal ini dapat disampaikan dari mulut ke mulut atau ditngkatkan oleh efek jaringan internet dan jaringan mobile. Viral marketing dapat berupa klip video, game interaktif Flash, advergames, eboks, software brandable, gambar, pesan teks, pesan surat elektronik, atau halaman web.
 Istilah "VRL marketing" juga telah digunakan untuk merujuk kepada pengertian yang merendahkan kampanye pemasaran, seperti pengunan yang tidak bermoral (stealth astroturfing) secara online dikombinasikan dengan iklan undermarket [memerlukan klarifkasi] di pusat perbelanjan untuk menciptakan kesan kata-kata spontan secara antusias.

Pemasaran Viral dilakukan dengan cara menyebarkan informasi melalui pemanfatan database penguna Internet dengan status ‘fre’ (gratis) yang telah terdaftar dan digunakan secara masal. Contoh yang dapat diambil adalah website surat elektronik gratis seperti Yaho!, Hotmail, dan GMail, yang selain memberikan pelayanan email gratis, juga memberikan berbagai penawaran produk bersaman dengan layanan email tersebut.
Etika yang digunkan dalam Viral Marketing :
a.       Penyampaian pesan
b.      Pesan
c.       Lingkungan

Berbagai media yang sering dilbatkan dan dimanfatkan oleh Viral marketing, antara lain sebagai berikut;
a) layanan partisipasi pelangan dan poling;
b) kontribusi organisasi-Industri khusus;
c) mesin pencarinternet dan blog;
d) integrasi smartphone Ponsel;
e) beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung;
f) layanan web target pemasaran;
g) Search engine optimization (SEO);
h) Sosial media optimasi (SMO);
i) televisi dan radio;
Target Pemasaran Viral didasarkan pada tiga prinsip penting, antara lain.
a) Berkumpulnya profil dalam media sosial.
b) Kedekatan analisis pasar.
c) Analisis Real-time ketepatan kata kunci.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar